air terjun pucak manik cover

Air Terjun Pucak Manik

Air terjun Pucak Manik terletak di Dusun Asah Aji yang juga termasuk dalam kawasan Huta Desa Wanagiri. Air terjun ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa baik dari alam yang masih sangat asri dan ketinggian air terjun yang mencapai 40 meter menjadikannya sangat memukau pengunjung.

Dengan keindahan dan keasrian alam yang mendukung air terjun tersebut karena nuansa hutan masih sangat bisa dirasakan di sekitar air terjun, dan pohon-pohon yang masih tumbuh berkembang dan banyaknya sumber air yang ada di sana menambah pesona air terjun ini semakin menarik.

air terjun pucak manik masih perawan

Karena pengelolaan wilayah ini masih baru dalam tahap proses penataan dan pengembangan oleh kelompok pengelola wisasta, maka dibutuhkan waktu yang cukup panjang dan sistem yang sangat bagus dalam hal pengelolaan agar alam tetap lestari dan tanpa ada alih fungsi lahan yang sekiranya nanti bisa berpengaruh pada ekosistem hutan dan sumber air yang terkandung yang menyebabkan keluar dari konsep pariwisata yang berbasis konservasi dan kearifan lokal.

Keberadaan air terjun Pucak Manik ini memang cukup menarik, apalagi dengan air yang terpencar kembar tiga yang menyuguhkan pemandangan alami yang jarang bisa ditemukan di Bali.

Walaupun akses ke lokasi air terjun butuh usaha ekstra dan stamina yang fit, semuanya akan terbayar impas setelah tiba di lokasi air terjun. Sulitnya medan yang ditempuh sepertinya akan lebih seru jika wisatawan berpetualang bersama rombongan, menikmati tempat anti mainstream, tersembunyi, asri, indah dan belum terjamah, akan menjadi kebanggan tersendiri bagi wisatawan. Apalagi belum begitu banyak yang mengetahui keberadaan obyek wisata ini, tentunya akan lebih memberikan pengalaman berpetualang yang lebih istimewa.

Untuk menuju lokasi air terjun akan melewati perkebunan penduduk di antara hektaran tanaman kopi terkesan begitu menyenangkan. Melewati hutan, bebatuan serta menapaki tangga demi tangga akan memberikan pengalaman menyenangkan.

Dalam balutan alam yang masih asri dan berhawa sejuk, jauh dari keramaian kota dan polusi, walaupun terasa sedikit melelahkan, namun membuat tubuh akan terasa lebih segar dan fresh untuk aktivitas petualangan ini, apalagi setelah tiba dilokasi air terjun.

air terjun pucak manik kembaran
Air terjun di sebelah Pucak Manik yang debit airnya menurun

Sebuah area dengan 3 buah titik air terjun kembar dan berdampingan, tampil cantik dan unik. Aliran airnya yang jernih berasal dari mata air pegunungan yang jatuh pada sebuah kolam air penampungan kecil di bawahnya. Kolam tersebut cukup dangkal sehingga tidak begitu ideal untuk berenang akan tetapi wisatawan dapat menikmati segarnya air terjun Pucak Manik ini dengan guyuran langsung dari air terjun tersebut. Selain itu wisatawan bisa hanya bersantai menikmati keindahan yang ditawarkan dengan hempasan angin yang membawa air segar menerpa wajah, ketenangan hutan dan sekawan kera yang terkadang muncul menjumpai.

air terjun pucak manik kembar tiga

Duduk bersantai pada sebuah tempat duduk dari kayu yang sudah disediakan, sambil menikmati keindahan air terjun Pucak Manik di depan mata, wisatawan bisa membuka perbekalan sambil menikmati alam yang masih perawan ini.

Aliran air terjun Pucak Manik selalu stabil sepanjang musim, karena sumber airnya berasal dari mata air pegunungan, walaupun terkadang debit airnya lebih kecil pada musim kemarau.

Tempat ini dikelola oleh warga setempat, termasuk jalan tangga dari tanah sudah lebih tertata oleh warga yang mungkin kedepannya akan lebih aman dan nyaman dengan undakan dari beton.

Selain menampilkan pemandangan air terjun, lokasi ini juga menampilkan pemandangan tebing dan hutan, berpadu serasi menyuguhkan pemanadangan alam yang spektakuler. Sangat di sayangkan jika pecinta air terjun dan petualangan melewatkan air terjun Pucak Manik.

Air terjun Pucak Manik ini merupakan salah satu air terjun selain banyumla dan banyu wana amerta yang berada di hutan desa wanagiri.