air terjun cemara

Air Terjun Cemara

Namanya yang cantik, mengesankan objek wisata air terjun ini bisa menyuguhkan sesuatu yang spesial bagi bara pengunjungnya. Disebut air terjun Cemara, karena dulunya sekitar air terjun tersebut banyak tumbuh pohon cemara, selain itu nama tersebut berhubungan dengan kata “asmara” sehingga ada yang menganggap kalau pasangan yang datang dan berkunjung ke air terjun Cemara, hubungan mereka akan langgeng. Nah bagi pasangan kawula muda, atau suka wisata petualangan selain karena mitos tersebut, bisa berkunjung ke sini, karena alamnya memang indah dan menawan.

Air terjun Cemara kalau ditelusuri, juga merupakan rangkaian dari air terjun pucak manik. Dari air terjun pucak manik butuh waktu 30 menit melintasi alam yang masih virgin kea rah utara mengikuti daerah aliran sungai akan di suguhkan pemandangan Campuhan Waterfall yang mana di campuhan tersebut di suguhkan pemandangan yang sangat luar biasa dimana pertemuan antara air dari air terjun pucak manik dan air dari aliran air air terjun banyumala menyatu sangat indahnya di atas bebatuan yang bidang dang sangat bersih. Perlu waktu 15 menit kearah utara dari campuhan dengan menelusuri aliran sungai yang sangat jernih dan alam yang asri di temani udara yang bersih akan di suguhkan kembali wisata air terjun yang di kenal namanya dengan air terjun Cemara yang mana air terjun ini memiliki debit air yang sangat besar dan menyuguhkan keindahan yang sangat luar biasa serasa menghipnotis para pengunjung yang datang ingin berlama lama di lokasi tersebut.

air terjun campuhan
Air Terjun Campuhan

Selain adanya mitos agar hubungan pasangan tetap langgeng. Objek wisata air terjun Cemara menyuguhkan keindahan alam tersembunyi dengan ketinggian sekitar 25 meter dengan lebar sekitar 6 meter, debit airnya besar, bagian bawahnya membentuk kolam alami sedalam sekitar 4 meter, bisa untuk mandi. Nuansa alamnya yang sejuk dan tenang, serta hembusan angin yang cukup kencang ikut membawa air beterbangan, terasa segar membasahi wajah.

Air terjun Cemara, meskipun secara administratif desa merupakan wilayah Desa Sambangan, Sukasada, akan tetapi lokasi air terjun ini termasuk dalam Hutan Desa Wanagiri. Untuk mengakses air terjun Cemara, bisa dilakukan lewat Desa Sambangan atau Desa Wanagiri sambil melewati air terjun pucak manik dan air terjun campuhan.