Air Terjun Banyu Wana Amerta

air terjun banyu wana amerta utama

Air terjun Banyu Wana Amerta terletak di kawasan Dusun Bhuana Sari, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Tempat tersebut masuk dalam kawasan Hutan Desa Wanagiri dan termasuk dalam kawasan peta wisata Bali Utara.

Untuk menuju ke lokasi, harus menyusuri jalan setapak, perlu sedikit perjuangan. Rasa lelah akan terbayar impas saat tiba di air terjun Banyu Wana Amerta Wanagiri.

Di kawasan ini terdapat 2 lokasi dengan 4 (empat) air terjun yang bisa dikunjungi. Pada lokasi pertama ada air terjun dengan ketinggian lebih kurang 40 meter, dan satu lagi terdapat air terjun yang tidak terlalu tinggi, namun air terjunnya keluar dari dinding tebing yang cukup lebar. Inilah yang paling istimewa dan terindah di kawasan ini. Selanjutnya air terjun ketiga dan keempat dapat ditempuh dengan waktu 5-7 menit dari lokasi air terjun pertama. Air terjun Banyu Wana Amerta melengkapi daftar obyek wisata di Kabupaten Buleleng.

air terjun banyu wana amerta

Air terjun pertama di Banyu Wana Amerta, air terjun dengan dinding yang cukup lebar. Dari dinding tersebut keluar banyak sekali air terjun, hal ini yang membuat air terjun Banyu Wana Amerta menjadi unik. Meski rata-rata air terjun tersebut tidak terlalu tinggi, tetapi dengan banyaknya air terjun yang keluar dari tebing yang lebar tersebut menjadikan pemandangan yang sangat indah. Air terjun ini tidak berasal dari aliran sungai, tetapi keluar langsung dari dinding tebing yang merupakan mata air alam. Hal ini yang mebuat air yang keluar tersebut sangat jernih. Mata air yang keluar dari dinding tebing tersebut muncul dari sejumlah titik yang membuatnya terlihat sangat menawan, tidak heran air terjun utama ini menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun manca.

air terjun banyu wana amerta one waterfall

Pada lokasi yang sama, terdapat air terjun dengan ketinggian mencapai 40 meter yang disebut One Waterfall. Air terjun ini sangat tergantung dari aliran sungai dan curah hujan. Sehingga pada musim-musim kering terkadang tidak mengeluarkan air sama sekali kecuali hanya rembesan kecil dari dinding-dindingnya. Akan tetapi tetapi saat curah air hujan tinggi, air terjun ini sangat cantik dengan kubangan air di bawahnya yang bisa dibuat untuk berendam.

air terjun banyu wana amerta two waterfall

Beranjak menuju lokasi berikutnya juga terdapat 2 air terjun yang sudah menanti. Perjalanan menuju lokasi kedua ini dapat di tempuh dengan waktu sekitar 5-7 menit dengan berjalan kaki dari lokasi pertama. Di lokasi kedua ini wisatawan akan bertemu two waterfall, terkadang juga disebut twin waterfall atau air terjun kembar. Air terjun ini sebenarnya terlihat 3 tapi sebenarnya yang satu adalah rembesan dari air terjun sebelahnya.

air terjun banyu wana amerta spray waterfall

Beranjak beberapa menit dari two waterfall maka akan tiba di air terjun Spray Waterfall atau dikenal dengan nama Banyu Wana Spray Waterfall. Seperti namanya ‘spray’ sumber air terjun tersebut berpencar pada sebuah tebing seolah membentuk gelombang tirai yang cantik yang berwarna-warni layaknya pelangi. Spray Waterfall mempunyai nilai kepuasan sendiri saat wisatawan tiba air terjun ini.

Kawasan air terjun Banya Wana Amerta juga menyediakan bilik sederhana untuk berganti pakaian. Selain sebagai tujuan wisata, tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat ‘melukat‘, untuk menghilangkan energi negatif dalam tubuh termasuk juga tempat ideal untuk melakukan meditasi.

air terjun banyu wana amerta welcome

Untuk menuju lokasi air terjun, dari pelataran parkir hanya berjarak sekitar 500 meter. Ada jalan setapak dengan ratusan anak tangga melewati perkebunan kopi serta pepohonan tropis yang berhawa sejuk sehingga perjalanan menuju air terjun Banyu Wana Amerta ini tidak terasa melelahkan. Akan tetapi jika musim hujan tiba, jalan akan menjadi becek dan licin, jadi perlu hati-hati untuk melaluinya. Perjalanan ke Banyu Wana Amerta akan menjadikan pengalaman ‘trackking‘ ringan bagi mereka yang mendatanginya. Dan untuk mereka yang suka wisata petualangan, tempat seperti ini adalah sangat spesial dan menyenangkan.