Banyumala, Keindahan Air Terjun yang Tersembunyi

banyumala waterfall cover

Hamparan hutan yang rimbun dan hijau ternyata menyimpan keindahan tersendiri. Tak jauh dari sana ada surga tersembunyi berupa air terjun yang masih asri dan sangat alami, Air Terjun Banyumala. Sepanjang mata memandang tumbuhan menjalar di antara bebatuan. Hal ini seolah memisahkan air terjun menjadi dua bagian. Arusnya memang tak begitu deras seperti air terjun lainnya, namun keistimewaan air yang jatuh melewati bebatuan diantara tanaman yang menjalar memiliki daya tarik tersendiri.

Air Terjun Banyumala merupakan sebuah air terjun indah yang berlokasi di Kabupaten Buleleng. Seperti diketahui, mayoriatas air terjun di Pulau Bali memang berada di kabupaten ini. Alasannya, karena Buleleng memiliki wilayah yang berada di dataran tinggi. Jadi, tidak heran kalau banyak air terjun di wilayah ini.

Air Terjun Banyumala memiliki keindahan yang eksotis, tersembunyi di belantara hutan desa. Tempat wisata ini berada di Desa Wanagiri, Sukasada, Buleleng, Bali. Letaknya yang tersembunyi membuat air terjun ini belum banyak diketahui oleh wisatawan. Namun jangan salah, keindahan Air Terjun Banyumala patut disandingkan dengan air terjun lain yang ada di dunia.

banyumala waterfall vertical

Air Terjun Banyumala berada di dasar sebuah lembah dengan tiga sisi air terjun dan yang terbesar dan tertinggi berada tepat ditengahnya, kemudian air terjun yang lebih kecil berada di kanan dan kiri. Tepat dibawah Air Terjun Banyumala terdapat sebuah kolam yang terbentuk secara alami dan sebenarnya inilah yang membuat air terjun ini menjadi sangat terkenal. Dengan airnya yang sangat jernih dan tenang membuat wisatawan bisa merasa aman untuk berenang didalamnya.

Dengan kejernihan air di Banyumala kita dapat melihat dasar kolam ini jika dilihat dari atas walaupun tempat terdalam bisa mencapai kedalaman 2 meter. Udara yang segar dan suasana yang asri akan menyambut Anda ketika sampai di air terjun ini. Hamparan keindahan akan memanjakan mata Anda sesampainya disana. Air terjun ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bermain air, mulai dari berenang atau hanya sekedar berbasah-basahan. Walaupun diameternya tidak terlalu luas yaitu sekitar 20 meter, tetapi Anda tidak akan bosan dengan pemandangan yang ada disana.

banyumala waterfall bawah
Di bagian sisi bawah air terjun Banyumala juga terdapat air terjun lain yang cantik

Jalan menuju air terjun memang terkadang cukup sulit, melewati jalan menurun yang berbentuk tangga dari tanah. Selain itu kita akan menemukan tangga buatan terbuat dari kayu untuk melintasi tebing. Tapi, tak perlu khawatir, tangga buatan yang terbuat dari bambu ini cukup aman digunakan menuju lokasi. Jalan menurun yang cukup ekstrim juga akan banyak ditemui di sini. Menyusuri jalan setapak membelah semak serta barisan pepohonan hijau dengan kicauan burung tentu membuat perjalanan melelahkan sekaligus menyenangkan.

Cukup sulitnya perjalanan menuju air terjun Banyumala, akan terbayar ketika kita mendengar debur gemuruh air terjun Banyumala, merasakan hempasan titik-titik air yang terbawa angin dan dinginnya air saat tubuh kita terendam di dalam. Keindahan air terjun Banyumala akan lebih nikmat jika ditemani secangkir kopi wanagiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *